Mesin Kecerdasan dan Pola Hubungannya

Assalamu'alaikum..
Hai hallo!
Udah dari seminggu lalu gatel mau nulis materi ini, tapi yaa tetep karena ada tapinya jadinya gak terlaksana deh :')
oke! Hari ini saya mau coba nulis atau ngejabarin tentang beberapa pola hubungan; parenting (keluarga), karier (bisnis) dan chemistry (jodoh) lewat teori STIFIn.
Sebelumnya, buat temen-temen yang belum tau apa itu STIFIn, bagusnya buka link --> www.stifin.co.id dulu yaa! supaya nanti nyambung baca blog saya yang satu ini hehehe :D

Udah dibaca? sip! sekarang liat analogi lewat jari-jari tangan di bawah ini ya

membacanya dari S sampai ke F (bergerak ke arah kanan)
Dari gambar itu kita lihat tipe #Sensing diwakili oleh ibu jari (jempol), dengan sistem operasi otak limbik kiri (otak bagian kiri bawah) dan berciri umum; rajin, teliti, detail tapi suka hura-hura. Tipe #Thinking diwakili oleh jari telunjuk, dengan sistem operasi otak neo kortek kiri (otak bagian kiri atas) dan berciri umum; logis, rasional tapi raja tega. Tipe #Insting diwakili oleh jari tengah, dengan sistem operasi otak reptil (otak bagian tengah) dan berciri umum; serba bisa, spontan, senang menolong tapi plin-plan. Tipe #Intuiting diwakili oleh jari manis, dengan sistem otak neo kortek kanan (otak bagian kanan atas) dan berciri umum; kreatif, unik tapi asosial dan tipe #Feeling yang diwakili oleh jari kelingking, dengan sistem operasi otak limbik kanan (otak bagian kanan bawah) dan berciri umum; hangat, ramah tapi mudah tersinggung.

Nah sekarang mulai kita bahas satu per satu ya soal pola hubungannya. Supaya gampang, saya kasih rumus sedikit. Untuk pola yang "mendukung" kita lihat tipe Mesin Kecerdasan yang berdampingan. Artinya dalam hal ini --> S mendukung T, T mendukung In, In mendukung I, I mendukung F dan terakhir F mendukung S. Gampang ya? Oke, sekarang untuk pola yang "menaklukkan". Caranya dengan melompati satu Mesin Kecerdasan yang ada di depannya (bergerak ke arah kanan) artinya dalam hal ini --> S menaklukkan In, T menaklukkan I, In menaklukkan F, I menaklukkan S dan F menaklukkan T (kalau untuk pola "ditaklukkan" lihat kebalikannya ya, jadi lompatnya mundur) Hayoo mulai senyam senyum yaa :p

Pola hubungan dalam keluarga
  • Anak yang MKnya menaklukkan orang tua biasanya anak tersebut bandel dan cenderung berani dengan orang tuanya
  • Sedangkan anak yang MKnya didukung atau ditaklukkan orang tua biasanya sangat bergantung pada orang tuanya dan cenderung penurut
Nah ya, dari situ kita bisa simpulin kalau ada anak yang suka ngebantah atau susah diatur mungkin si anak punya MK yang dua langkah di belakang orang tuanya. Gak percaya? Coba dites eheehe

Pola hubungan dalam bisnis
Kalau kamu adalah seorang owner dalam sebuah bisnis dan mau mencari orang kepercayaan, carilah orang yang MKnya mendukung atau tertaklukkan supaya dia tunduk atau nurut sama kamu :D

Pola hubungan jodoh
Hmm udah mulai bisa nebak gimana polanya? Kalau kamu LAKI-LAKI yang lagi cari calon istri, carilah calon istri yang MKnya dua langkah di depanmu (kamu menaklukkan dia) supaya kamu mudah untuk memberinya arahan atau dalam kata lain besar kemungkinan nantinya dia akan nurut sama kamu. Nah kalau kebalikannya? Bisa-bisa kamu masuk ke gank SSTI hahahaaa (well just kidding)
"Apa harus cari yang ditaklukkan?" ya gak juga. kamu bisa kok cari yang MKnya berdampingan sama kamu, jadi posisinya mendukung ;)
Kalau yang PEREMPUAN gimana? Ya ladies, saya tau kok gimana sifat perempuan kebanyakan. Perlu dibahas gak nih? Gak usah ya:p

Pasti atau mungkin ada yang nanya, kenapa harus Tes STIFIn? Apa bedanya sama tes IQ? Terus dari temen-temen yang udah baca link yang di awal blog ini saya kasih mungkin juga udah ada yang mengira-ngira apa Mesin Kecerdasannya. Ya belum akurat sih kalau belum tes. Karena rumus fenotip 100% itu = Genetik 20% + lingkungan 80%.. Yang STIFIn infokan itu genetik, sifat dasar kita. Terus "Gue udah pernah tes, hasilnya Thinking ekstrovert tapi kok gue ngerasanya gue ini cenderung tipe Intuiting?" nah itu mesti dijelasin di halaman yang beda nih. Jadi tolong ingetin saya buat tulis blog lanjutannya ya ^^v

Well, segitu dulu ya yang bisa saya tulis hari ini. Berhubung masih banyak yang harus dikerjain (lah curhat) jadi kalau ada yang mungkin mau tanya-tanya bisa mention @TesSTIFIn atau langsung tes STIFIn aja kali ya dan biarkan pengujinya ngejelasin sendiri apa yang pingin temen-temen tau :D

Anyway, saya tipe In yang lagi cari tipe T atau I nih hahahahaaaa :p

Eva Saraswaty

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

6 komentar:

  1. Ga nyari In lagi aja? Hahaha

    BalasHapus
  2. nanti bisa abis dong perabot rumah haha :P

    BalasHapus
  3. oh T ya..itu mas mas yang dimimpi . #eehhh sholawatiiin aahhh #dancingdancing

    BalasHapus